Penyebab AC Baru dan AC Lama di Rumah Tidak Dingin



Penyebab AC Tidak Dingin - Air Conditioner atau AC adalah alat yang berfungsi sebagai pendingin suhu pada ruangan agar ruangan tetap nyaman dan tidak gerah untuk tubuh. Seiring berjalanya waktu AC yang dipasang akan mengalami penurunan dalam kinerjanya sehingga mengakibatkan AC tidak dingin lagi. Berikut beberapa permasalahan AC yang tidak dingin:

AC Baru Tidak Dingin

Kita pernah merasakan kepanasan di dalam ruangan meskipun AC di ruangan sudah dinyalakan. Lebih parahnya lagi, AC yang dipasang masih dalam kondisi baru, tapi belum bisa mendinginkan ruangan. Ada tiga kemungkinan yang menyebabkan hal ini bisa terjadi yaitu:

Terdapat kecacatan produksi pada AC tersebut atau kesalahan dalam pengiriman.

Kalau pun hal ini terjadi mungkin karena kompresornya rusak atau pipa freon juga rusak karena kesalahan produksi dan sambungan pipa tidak ada yang bocor, jika terjadi kerusakan pabrik tentu masih aman karena masih ada jaminan garansi. Tapi jika terjadi kesalahan dalam pengiriman, sehingga mengakibatkan AC rusak dan tidak bekerja dengan normal, hal ini merupakan kerugian bagi kita, karena biasanya pihak pengiriman tidak bertanggung jawab terhadap barang yang rusak. Jadi harus teliti dan hati-hati dalam pembelian AC.

Pemilihan PK yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan


Dalam hal ini pembeli harus jeli sebelum membeli AC yang sesuai dengan ruangan yang akan dipasang. Pemilihan PK yang kurang tepat akan mengakibatkan ruangan kurang dingin dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu yang dingin. Berikut panduan mudah dalam menentukan PK untuk ruangan.
½ PK = 5.000 Btu/h (ukuran ruangan 10 m²)
¾ PK = 7.000 Btu/h (ukuran ruangan 14 m²)
1 PK = 9.000 Btu/h (ukuran ruangan 18 m²)
1 ½ PK = 12.000 Btu/h (ukuran ruangan 24 m²)
2 PK = 18.000 Btu/h (ukuran ruangan 36 m²)
Faktor-faktor lain mungkin seperti pemasangan AC yang di lantai 2, pasti hal ini akan menjadikan AC bekerja lebih keras karena suhu di lantai 2 lebih panas ketimbang di lantai 1. Kemudian jika terdapat sinar matahari yang langsung masuk ke dalam ruangan, kemudian berapa banyak orang yang tinggal di dalam ruangan tersebut karena setiap manusia dewasa membutuhkan sekitar 600 Btu, sedangkan anak-anak membutuhkan 400 Btu agar merasa tidak panas dan cukup dingin.
Meskipun pakai merek apapun jika pada awal telah salah dalam menentukan PK dengan ukuran ruangan yang dipasang AC maka hal seperti ini mungkin saja bisa terjadi. Atau lebih baik minta rekomendasi dari perusahaan atau jasa pemasangan AC untuk memilihkan AC yang sesuai untuk ruangan kita.

Terjadi kesalahan dalam Instalasi


Jika faktor sebelumnya tidak bermasalah, mungkin faktor inilah yang mengakibatkan AC dirumah tidak dingin. Periksalah bagian unit outdoor. Pastikan dalam pemasangan outdoor terdapat breathing room atau ruang nafas yang cukup. Outdoor AC terkena hujan atau sinar matahari hal ini tidak menjadi masalah. Outdoor AC harus memiliki jarak minimal 60 cm ke depan dengan ruang kosong. Kemudian dari sisi kiri, kanan dan atas harus berjarak 30 cm. AC outdoor juga tidak boleh diletakan berhadap-hadapan karena akan membuat udara panas tidak bersikulasi dengan baik.

Penyebab AC Lama Tidak Dingin

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan AC dirumah tidak dingin. Berikut penjelasanya.

Filter Udara Sudah Kotor


Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kapan terakhir kali AC diservis/dicuci. Dalam hal ini idelnya dilakukan selama 3 bulan sekali. Jika filter udara kotor, maka udara yang keluar tidak bisa mengalir dengan semestinya karena terhambat kotoran tersebut sehingga akan mengakibatkan kapasitas pendinginan AC menjadi berkurang. AC yang kotor bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran pipa tersumbat dan mengakibatkan mampet pada saluran pembuangan sehingga biasanya AC akan meneteskan air.

Coil AC kotor

Coil AC yang kotor akan mengakibatkan AC tidak bisa mempertahankan temperatur suhu yang diinginkan, sehingga kompressor akan terus bekerja maksimal tanpa berhenti untuk mendinginkan suhu ruangan tersebut.

Kurang Freon


Pada permasalahan ini sebaiknya anda harus mengetahui kapan terakhir freon diisi. Dengan instalasi yang benar, seharusnya freon mampu bertahan hingga 3-4 tahun. Jika freon sudah diisi dalam jangka waktu beberapa bulan kemudian freon habis, kemungkinan terjadi kebocoran pada pipa dalam AC. Untuk mengetahuinya sebaiknya serahkan kepada jasa service AC untuk mengecek bagian yang bocor agar segera ditambal dan diisi freon secepatnya.
Mungkin ada faktor-faktor lain penyebab AC lama tidak dingin selain ari faktor-faktor di atas, seperti terjadi kerusakan pada thermostat AC yang mengatur suhu udara, kerusakan pada thermistor, dan kerusakan pada control board.

Apabila AC dirumah bermasalah sebaiknya serahkan pada yang ahli dibidang jasa service AC professional dan berpengalaman di bidangnya. Lakukan service AC secara rutin minimal 3 bulan sekali, agar AC tetap pada performa yang stabil dan ac hemat listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar